Bisnis Online Menjanjikan

Bisnis Online Menjanjikan,Menurut beberapa penelitian, sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju manakala jumlah pengusahanya cukup untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Idealnya, minimal jumlah pengusaha di sebuah negara adalah 3% dari total jumlah penduduk. Namun di Indonesia saat ini, jumlah pengusaha baru mencapai angka 1,65% saja. Masih tertinggal dari Malaysia, Singapura, atau negara lain yang bahkan sudah berada di atas 5%. Menjadi pengusaha sebenarnya merupakan idaman banyak anak muda di tanah air, mengingat memang cara berpikir mereka masih sangat idealis. Namun pada kenyataannya, masih banyak pemuda di Indonesia yang merasa takut akan susahnya membangun sebuah usaha serta menghadapi realita yaitu risiko kegagalan dari menjadi seorang pengusaha dan akhirnya menyerah dan memilih untuk menjadi pegawai kantoran saja. yang telah kita rangkum dalam Lefthip.com

YANG DISUPPORT OLEH Deposit IDN Poker Pakai Dana

Memang ketakutan mereka didasarkan oleh alasan yang masuk akal. Tetapi tanpa adanya risiko, kesuksesan pun hanyalah fiktif belaka. Kegagalan merupakan bagian inti dari kesuksesan itu sendiri. Ada pepatah yang mengatakan “there is no growth in comfort zone, and there is no comfort in growth zone.” Untuk itu, jangan pernah takut akan kegagalan, karena memang kesuksesan adalah harga yang pantas dibayar untuk mencapai kesuksesan dan kesuksesan yang diraih pun sepadan dengan jatuh bangun yang dilalui.

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam mendapatkan ide untuk merealisasikan mimpi menjadi seorang pengusaha sukses dengan memanfaatkan akses internet. Menjadi pengusaha bukan cuma bicara urusan modal semata. Uraian di bawah ini akan memberi banyak peluang bisnis yang nyaris tanpa modal, namun butuh fokus dan kerelaan meluangkan waktu yang banyak untuk merealisasikannya.

I. Penjualan Produk

Penjualan Online Memberikan Keuntungan Lebih Besar

 

 

1. Jual Beli di Media Sosial

Apabila Anda menginginkan bisnis dengan modal minim, maka model bisnis toko online merupakan salah satu yang paling bisa diandalkan. Selain modal yang kecil, bisnis ini bisa dilakukan juga sebagai usaha sampingan, atau dengan kata lain bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan status Anda sebagai karyawan kantor. Toko online bisa dibuat dengan mudah dan murah. Anda bisa memulainya dengan memasarkan produk yang ingin dijual pada akun media sosial pribadi Anda, seperti Facebook contohnya. Akun Facebook yang sudah Anda miliki selama ini, dengan koneksi teman-teman Anda di dalamnya, bisa dijadikan sebagai lapak berdagang. Tampilkan gambar produk yang akan dijual beserta dengan harga dan nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan. Selain Facebook, media sosial seperti Twitter dan Instagram juga bisa dijadikan pilihan untuk menawarkan produk.

Apa yang sebaiknya saya jual? Haruskah saya memiliki pabrik untuk membuat produk sendiri? Tentu saja tidak. Anda bukanlah produsen atau pabrik, melainkan masih sebatas pedagang online. Jangan terburu-buru untuk membuat produk Anda sendiri. Cara praktis yang dapat Anda coba adalah dengan memilih produk yang ingin dijual (bisa berupa baju, elektronik, aksesoris, dan lainnya), kemudian setelah menentukan produk yang akan dijual, temukan supplier yang menyediakan barang tersebut. Supplier yang belum berjualan online akan lebih tertarik untuk diajak bekerjasama. Lalu tentukan sistem berjualan, dapat dengan sistem dropship atau dengan sistem stok barang.

Sistem Dropship

Sistem seperti ini cocok dijalankan oleh pelaku bisnis online yang masih pemula, karena Anda sebagai pedagang tidak perlu mempunyai produk sendiri bahkan tidak harus memiliki stok produk dulu sebelum ada pembeli. Jadi lebih praktis, tanpa modal, dan tanpa risiko. Hanya butuh ketekunan dan keahlian dalam memasarkan produk. Alur kerjanya adalah ketika seseorang memesan produk dari toko Anda, kemudian pesanan tersebut diproses ke pihak supplierSupplier inilah yang akan langsung mengirimkan barang tersebut atas nama toko Anda. Untuk skala kecil, lebih banyak juga yang mengenal sistem ini sebagai reseller.

Keuntungan lain dari menjalankan sistem dropship ini adalah nyaris tidak butuh modal untuk memulainya, tidak butuh stok, dan bisa dilakukan dari mana saja selama ada akses internet. Namun di balik itu semua, masih ada beberapa kelemahan dari sistem ini yang perlu diketahui oleh calon dropshipper sebelum terjun ke bisnis tersebut. Kelemahan itu antara lain adalah margin keuntungan lebih kecil karena sudah melewati beberapa agen pemasar alias bukan ke tangan produsen langsung. Lalu kelemahan lainnya adalah tidak bertemu langsung dengan barang yang kita jual membuat kita tidak bisa melakukan pemeriksaan stok dan kualitas barang.

Sebagai pemula, dengan melihat untung dan ruginya, menjadi dropshipper tetap merupakan cara yang sangat mudah dan murah untuk memulai sebuah bisnis online. Syaratnya adalah tekun untuk memasarkan produk secara konstan, itu saja. Karena Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan lagi tempat berjualan. Media sosial merupakan tempat yang cocok untuk memulai bisnis dropship ini.

Supaya penjualan produk lebih tepat sasaran, sebaiknya dropshipper mencoba terlebih dahulu produk yang akan dijual sehingga tahu kelebihan dan kekurangan produk dan bisa menyampaikan pesan yang tepat kepada para pembeli. Pastikan Anda paham potensi sengketa yang muncul di sistem ini, bagaimanapun tanggung jawab pembeli ada di tangan Anda.

2. Usaha Dagang di Marketplace

Ketika Anda merasa sudah cukup menguasai penjualan dengan menggunakan media sosial, kini saatnya untuk merambah ke penjualan dengan memanfaatkan marketplace. Marketplace adalah suatu tempat di internet, di mana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli. Bisa dijadikan tempat untuk menjual barang atau bisa juga dijadikan untuk mencari barang. Dengan kata lain, marketplace yang sering disebut dengan pasar online ini memiliki konsep yang sama seperti pasar tradisional, hanya saja untuk mengakses pasar ini, hanya bisa menggunakan koneksi internet.

Saat ini jumlah marketplace untuk produk dalam dan luar negeri terus bertambah seiring dengan bertumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem jual beli online. Keuntungan lain dengan menggunakan marketplace adalah jumlah pengunjung yang sudah dijamin oleh penyelenggara marketplace tersebut. Anda tidak perlu repot mengurus pemeliharaan atau maintenance website, dan juga tanpa biaya. Di sisi lain, kepercayaan masyarakat juga lebih besar ke marketplace dengan adanya sistem rekening bersama yang dikelola oleh marketplace itu sendiri.

Meskipun sistem jualan di pasar online ini sangat menguntungkan, Anda juga perlu memahami kelemahannya seperti fiturnya bisa saja tidak sesuai dengan keinginan kita. Kemudian, Anda juga tidak bisa membangun brand Anda secara efektif jika dibandingkan dengan toko online yang dikelola sendiri. Tetapi tak perlu khawatir, buat saja pasar online ini sebagai media pengenalan produk, dan jika sudah dikenal dan stabil, baru Anda membuat toko online sendiri. Marketplace yang sudah mempunyai reputasi baik dan dikenal luas oleh pebisnis online di tanah air untuk transaksi dalam dan luar negeri antara lain adalah Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, eBay (internasional), dan sebagainya.

3. Bisnis di Website Sendiri

Untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis online menjadi lebih besar, Anda bisa menggunakan sebagian dari penghasilan yang didapatkan selama berjualan menggunakan media sosial dan marketplace untuk membuat website toko online milik Anda sendiri. Meskipun mungkin Anda sudah melebarkan sayap dengan menaruh produk di berbagai marketplace, namun tidak ada salahnya membuat toko online sendiri untuk memperkuat branding terhadap produk Anda.

Ada banyak keuntungan yang didapat ketika Anda memutuskan untuk membangun sendiri website untuk menjajakan produk Anda. Dengan memiliki sebuah website yang dibangun secara maksimal, bisnis penjualan Anda akan semakin terlihat profesional sehingga bisa menumbuhkan kepercayaan pada konsumen lebih dalam lagi. Karena dengan selalu berjualan menggunakan marketplace gratis, Anda akan kesulitan mengangkat brand produk sendiri.

Apabila Anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun website sendiri, maka solusinya adalah pengerjaannya bisa diserahkan kepada orang yang memiliki keahlian tersebut, yaitu bisa saja teman Anda sendiri atau membayar jasa pembuatan website yang harganya juga masih terjangkau. Apabila Anda sendiri memiliki keahlian di bidang website dan ingin mengetahui cara membuat toko online, Anda bisa menggunakan beberapa platform seperti shopify.co.id, webraktis.com, dan juga sirclo.com.

4. Bisnis Afiliasi

Bagi pemilik website dengan traffic pengunjung yang tinggi, model bisnis afiliasi juga layak Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Model bisnis ini dikenal dengan istilah affiliate marketing yaitu memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Ketika nantinya ada pembeli yang membeli produk itu melalui Anda atau atas saran Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Sistem kerja bisnis afiliasi ini kurang lebih memiliki tiga tahap. Pertama, pada awalnya Anda selaku pemilik website melakukan registrasi ke penyedia program afiliasi, penyedia program afiliasi ini juga memiliki website yang mempunyai produk dan dijual secara online. Kedua, jika disetujui, pemilik website akan mendapatkan kode afiliasi dari penyedia program, dan kode tersebut bisa dipasang di website yang akan memunculkan iklan. Ketiga, jika pembaca website membeli produk dari referensi web Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penyedia program afiliasi tersebut.

Keuntungan dari program ini adalah memberikan komisi jauh lebih besar dibandingkan hanya menayangkan iklan dalam website Anda. Akan tetapi, untuk menggiring pengunjung web agar mau membeli produk jauh lebih sulit dibandingkan membuat pengunjung mengakses atau meng-klik iklan yang ditayangkan. Kemudian, kekurangan lainnya adalah minimnya penyedia program afiliasi dari web lokal yang tepercaya. Apabila website yang Anda bangun menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, maka kesempatan terbuka lebih lebar, walaupun kendalanya tentu jauh lebih susah membujuk pembaca membeli produk dengan bahasa Inggris pula.

II. Informasi dan Teknologi

  Manfaatkan Keahlian Teknologi Sebagai Bidang Bisnis

Manfaatkan Keahlian Teknologi Sebagai Bidang Bisnis

 

5. Kursus Digital

Ilmu pengetahuan ternyata bukan hanya didapat melalui buku dan pengajar saja, tetapi juga dapat dibeli dalam beragam bentuk seperti ebook, video, dan juga audio. Umumnya yang akan sangat laku di pasaran tentu saja pengetahuan yang menarik, bermanfaat, dan susah didapatkan. Salah satu contohnya adalah video belajar bermain piano yang berisi tutorial bermain piano, atau ebook yang berisi latihan yang harus dilakukan oleh pemain piano pemula. Kursus seperti ini dibutuhkan oleh masyarakat yang cenderung semakin sibuk. Video dan ebook tersebut akhirnya menjadi solusi dan telah membuka ceruk bisnis tersendiri.

Kuncinya adalah kreatif. Karena secara umum, semua informasi di internet bisa diakses oleh siapa saja, oleh karena itu sebuah informasi bisa menjadi berharga ketika diolah menjadi ilmu pengetahuan yang ditelaah lebih mendalam dan disertai dengan panduan yang lebih terstruktur dan lengkap. Bagaimana cara membuat kursus online? Apakah mirip dengan membuat karangan atau artikel biasa? Tidak jauh berbeda memang, namun tentu saja harus lebih eksklusif dan informatif. Pilih minat atau passion Anda dan lebih baik jika sesuai bidang keahlian . Karena tanpa memiliki pengetahuan yang memadai produk Anda tidak akan berkualitas. Lakukan sedikit riset mengenai apa saja yang benar-benar ingin diketahui orang pada bidang tersebut . Sehingga Anda bisa memasukkan produk informasi yang dibutuhkan. Solusi kebutuhan bisa lebih menjual jika dalam bentuk video tutorial.

Supaya produk laku terjual, pemilik produk harus rajin memperkenalkan diri sampai terbentuk reputasi yang bagus. Apabila belum memiliki reputasi untuk menjual tulisan sendiri, menjual di marketplace bisa jadi pilihan untuk membangun image produk. Cobalah untuk menjual produk di beberapa marketplace seperti ratakan.com, clickbank.com, guides.co, dan juga di blog/website sendiri. Ketika sudah mulai dikenal, sebaiknya pemilik produk mulai memperkenalkan dan menjualnya melalui website pribadi yang dikelola secara profesional. Keuntungannya bisa lebih spesifik, memberi kesan profesional dan tidak dicampur dengan produk lain yang kualitasnya rendah.