Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Bisnis Merugi

Hati-hati, Ini Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Bisnis Merugi

Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Bisnis Merugi – Ketika akan membuka dan menjalankan sebuah usaha tentu harapan yang terlintas di benak calon pengusaha adalah dapat meraup keuntungan yang besar dan berkelanjutan. Salah satu poin utama dari sebuah bisnis adalah menghasilkan keuntungan. Sayangnya, banyak pelaku usaha yang melakukan kesalahan hingga membuat keuntungannya tidak optimal atau bahkan mengalami kerugian.

Sebenarnya, melakukan kesalahan dalam sebuah bisnis adalah hal yang biasa. Begitu juga Agen Sbobet88 Indonesia untung dan rugi merupakan hal yang sangat lumrah, jadi kamu tidak perlu khawatir. Walaupun begitu, kamu tetap harus berhati-hati. Kamu perlu mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukan oleh pelaku usaha lainnya guna menghindari bisnis yang kamu jalani mengalami kerugian.

Inilah, kesalahan yang sering dilakukan yang membuat bisnis mengalami kerugian.

Tidak memberikan perhatian besar pada aspek pemasaran

Pemasaran ibarat media sosial: penting, tetapi kadang tidak digunakan dengan benar. Pemasaran memainkan peran penting dalam seberapa besar usaha bisa berkembang, untuk itu kamu harus memberikan banyak perhatian pada faktor pemasaran.

Kesalahan pemasaran terbesar yang bisa dilakukan pelaku usaha adalah pengiriman pesan yang salah kepada orang yang salah, juga pencitraan merek yang tidak konsisten atau tidak efektif. Jika pesan yang kamu sampaikan tidak begitu jelas, atau jika kamu belum mengetahui dengan pasti siapa target audiensmu, maka pemasaran akan gagal.

Solusinya, pastikan merek memiliki pesan yang jelas dan menarik. Petakan siapa audiens yang ingin kamu target dan pastikan kamu memasarkan kepada orang yang tepat.

Merekrut karyawan berdasarkan nilai gaji, bukan keahlian

Memilih karyawan berdasarkan nilai gaji mereka, bukan keahlian, pengalaman, atau sikap mereka dipastikan dapat menimbulkan risiko bagi bisnismu. Mempekerjakan karyawan dengan gaji murah mungkin tampaknya dapat membuatmu menghemat pengeluaran, tetapi jika karyawan tersebut tidak memiliki motivasi, dedikasi, atau semangat untuk mencapai target, maka ini hanya akan membuang-buang waktu.

Untuk itu, sebaiknya pekerjakan orang yang memberikan loyalitas dan sekiranya dapat bertahan di bisnismu dalam jangka panjang walaupun dengan biaya lebih besar, daripada karyawan yang menawarkan gaji lebih rendah tapi tidak bisa memberikan kontribusi bagi bisnismu, atau bahkan hanya bertahan dalam jangka pendek sehingga kamu harus bolak-balik melakukan perekrutan. Ini juga berlaku untuk kamu yang baru memulai bisnis dan mencari rekan untuk membantumu mengembangkan bisnis.

Melakukan segalanya sendiri

Bertindak terlalu idealis dengan mencoba melakukan semuanya sendiri, baik itu memulai bisnis baru, membuat proyek baru, atau mengatur tim secara mikro, adalah ide yang buruk. Mencoba melakukan semuanya sendirian hanya akan menyebabkan kelelahan dan frustrasi, belum lagi kinerja yang buruk.

Bekerja berlebihan hanya akan membuat kamu kelelahan yang menyebabkan semuanya jadi kurang efektif. Artinya, kamu perlu menganalisis tugasmu dan menilai tugas mana yang harus kamu selesaikan, dan mana yang bisa diselesaikan oleh orang lain.

Untuk kamu yang sedang membangun usaha, yuk cek kembali apakah kamu masih melakukan kesalahan ini. Jika ya, evaluasi kembali sebelum bisnismu memburuk atau bahkan mengalami kerugian.