Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa & Naikin Mood Lho

Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa & Naikin Mood Lho

Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa & Naikin Mood Lho – Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Selama pandemik COVID-19 banyak hal-hal yang gak terduga bikin kesehatan jiwa kita menurun. Biasanya para millenials dan gen z melakukan cara mendengar radio guna menjaga mental tetap positif.

Nah, menyadari itu Masima Radio Network ingin terus menciptakan kesehatan mental yang bermanfaat bagi pengguna. Masima Radio Network ini akan menghadirkan beberapa program-program Cara Daftar IDNPlay menarik. Kira-kira seperti apa ya? Lalu apa hubungannya dengan kesehatan jiwa para pendengar?

1. Masima Radio Network menyadari radio punya peran besar dalam membangun mood pendengar

5 Fakta Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa, Naikin Mood Nih

Mendengar musik salah satunya lewat radio memang mampu meningkatkan mood pendengar. Hal itu juga sudah disadari oleh Evan Perdana, Head of Content & Promotion Masima Radio Network.

“Kami menyadari bahwa radio punya peran besar untuk membangun mood pendengar. Karena itu kami ingin ambil bagian dalam memberikan dukungan bagi pendengar di masa penuh tantangan ini untuk tetap optimis, bersemangat dan fokus pada hal baik,” ucapnya.

2. Adanya program morning show dan afternoon show prime time serentak

5 Fakta Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa, Naikin Mood Nih

Nah, untuk itu Masima Radio Network menghadirkan radio-show multi-brand terbesar di Indonesia. Program tersebut bernama morning-show dan afternoon-show prime time yang akan disiarkan serentak di 3 brand radio Masima Radio Network, yaitu Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio, di 8 kota, Jakarta, Medan, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Makassar dan Manado.

Melalui acara tersebut, Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio ingin menjadi penghubung antara pendengar dengan dunia. Guna untuk menghindari rasa terisolasi dan meningkatkan rasa bahagia.

“Dengan radio host yang ceria, program informatif dan up to date, kami yakin dapat menemani masyarakat untuk terus bahagia. Kami mengajak masyarakat untuk Just be good & do good,” ucap Evan.

3. Ben Kasyafani salah satu penyiar morning show mengatakan ingin menghadirkan kegembiraan bagi pendengar

5 Fakta Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa, Naikin Mood Nih

Nantinya morning show akan dihadiri Ben Kasyafani, Sissy Prescilla, dan Nino Kayam sebagai radio host. Sementara di afternoon show ada Enno Lerian dan Danar Gumilang.

“Kami (Ben, Sissy, dan Nino) berkesempatan menghilangkan rasa sepi dan terisolasi, memberikan informasi berharga dan menghadirkan kegembiraan yang sangat diperlukan untuk bertahan menjalani hari yang berat,” ucap Ben.

Ia juga menambahkan kebahagiaan yang dirasakan pendengar bisa membuat mereka ikut merasakannya. Wah, jadi mendengarkan musik lewat radio, gak cuma pendengar aja yang bisa jaga kesehatan jiwa. Akan tetapi juga para penyiarnya!

4. Menurut Psikolog dan peneliti perilaku konsumen, Radio bisa memberikan efek baik pada mood pendengar

5 Fakta Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa, Naikin Mood Nih

Psikolog dan peneliti perilaku konsumen Dra. Retno Dewanti Purba MPsi.T memaparkan pendapatnya tentang menjaga kesehatan jiwa melalui mendengarkan musik.

“Radio bisa dijadikan salah satu pilihan yang baik untuk memberikan efek baik pada mood kita,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, “Menghibur diri dengan mendengarkan musik yang enak sambil ditemani percakapan-percakapan yang menyamankan dari program radio diharapkan bisa memberi efek baik dan positif terhadap diri,” kata Retno.

5. Tiga hal yang harus diperhatikan agar kesehatan jiwa tetap terjaga

5 Fakta Mendengar Musik Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa, Naikin Mood Nih

Di masa pandemik seperti saat ini kesehatan fisik dan mental sama-sama harus diperhatikan. Retno menyebutkan, “Lessons learned  selama ini menempatkan radio sebagai salah satu media yang bisa menjadi ‘teman’ seperjalanan bagi pendengarnya.”

Tidak hanya itu, menurut Retno ada tiga hal yang harus diperhatikan agar kesehatan jiwa tetap terjaga. “Pertama Adaptasi, upaya yang kita lakukan dengan mengubah respons perilaku agar sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini,” ucapnya.

“Coping Strategy, di masa sekarang ini penting bagi individu untuk memiliki cara atau metode yang sesuai untuk mengatasi dan mengendalikan situasi/masalah yang dialami,” tambah Retno.

Terakhir, Retno mengatakan membangun resiliensi sebuah kemampuan saat kita jatuh, biasanya seperti ketangguhan. Membantu Individu bertahan dalam situasi sulit adalah salah satunya.

“Kalau didefinisikan, resiliensi adalah kemampuan individu dalam mengatasi, melalui, dan bangkit kembali setelah mengalami kesulitan,” tutupnya.

Nah sudah tahu kan ternyata mendengar musik melalui radio punya manfaat yang bagus untuk kesehatan jiwa. Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan morning show yang disiarkan senin sampai jumat setiap pukul 06.00-10.00 WIB mulai 4 Januari 2021 kemarin.